Breaking News

Tentang SMAN 1 Tarik

 7,341 total views,  6 views today

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SMA NEGERI I TARIK KABUPATEN SIDOARJO

Awal Mula Pendirian SMA Negeri 1 Tarik

Awal mula berdirinya SMA Negeri I Tarik dimulai dari ide Kepala Cabang Dinas Kecamatan Tarik pada tahun 2002 yang saat itu dipimpin oleh Bapak Bambang Eko Soedjarwo yang berkoordinasi dengan Camat Tarik yang dipimpin oleh Bapak Drs Samsul Rizal. Dari hasil pembicaraan kedua tokoh tersebut kemudian ditindak  lanjuti dalam  rapat  Kepala Desa dipimpin oleh Camat Tarik .Hasil rapat diputuskan tempat yang akan didirikan  Sekolah Menengah Tingkat Atas  di daerah  Desa Kemuning.

Setelah tempat disepakati maka dibuatlah proposal  untuk diajukan ke Pemerintah Kabupaten Sidoarjo .Hasil proposal ditindak  lanjuti oleh kunjungan Bupati Win Hendrarso untuk melihat langsung tempat yang dimaksud dalam proposal. Setelah melihat langsung ternyata Bupati tidak berkenan, maka dengan saran  dari Pak Win dengan alasan otonomi daerah Bupati menunjuk Tanah milik Departemen  Perikanan Prop Jatim di desa Janti yang peruntukannya sudah tidak sesuai dengan daerah  Tarik dan  akan bertanggung  jawab dalam  pendirian SMA  yang  pada waktu itu banyak warga desa yang akan bergabung dengan Kab Mojokerto kata  Bapak Bambang  yang saat ini beliau Kabag Umum Sekretaris Dewan DPRD Kab Sidoarjo. Peran Muspika Kec Tarik sangat mendukung adanya Sekolah setingkat SMA , maka dimulailah  pembangunan gedung SMA  pada tahun 2003 dan pada tahun pelajaran 2004-2005 gedung SMA sudah  bisa dioperasikan dan digunakan pemakaiannya.

Perkembangan SMA Negeri 1 Tarik

Tahun 2004-2005

Pada periode ini SMA Negeri 1 Tarik belum memiliki Kepala Sekolah Definitif dan ditetapkan Ibu Dr. Ani Kadarwati M.Pd yang saat itu menjabat Kepala SMA Negeri 1 Krian  sebagai PLH Kepala Sekolah.

 Sekolah baru memiliki 8 orang guru PNS, dan untuk mengatasi kekurangan maka diperbantukan guru SMAN 1 Krian sejumlah 7 orang. Jumlah Tenaga Tata Usaha : 2 orang PNS. Jumlah tenaga honorer : 2 GTT dan 6 PTT. Karena SMAN 1 Tarik baru memiliki tiga ruang kelas maka jumlah siswa yang diterima adalah   101 siswa.

Sarana gedung  yang dimiliki pada saat itu adalah 2 unit bangunan gedung yang terdiri dari : 1 Ruang Kepala Sekolah dilengkapi kamar kecil, 4 ruang waka, 1 Ruang Tata Usaha dilengkapi pantry dan kamar kecil, 1 ruang guru dilengkapi 1 kamar kecil, 1 ruang loket pembayaran, 1 ruang OSIS, 1 gudang , 4 kamar kecil siswa, 3 ruang kelas, dan 1 ruang BK.

Tahun 2005/2006

Sekolah mendapatkan tambahan 1 unit bangunan gedung yang terdiri dari 3 ruang kelas 1 ruang kecil yang digunakan sebagai ruang UKS berikut mebelernya.

Pada awal tahun pelajaran 2005/2006 SMA Negeri 1 Tarik menerima siswa baru sebanyak 5 kelas dan untuk mengatasi kekurangan ruang kelas maka digunakan ruang TU dan Bangunan peninggalan Dinas Perikanan. Kekurangan tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan diatasi dengan mengangkat tenaga honorer.

Pada tahun ini tepatnya bulan Pebruari 2006 SMA Negeri telah memiliki kepala sekolah definitive yaitu. Bapak Drs. Rustamadji, M.Pd.

Tahun 2006/2007

Sekolah mendapatkan tambahan 1 unit masjid, 1 unit MCK siswa  dan 1 unit bangunan gedung dua lantai yang terdiri dari: 12 ruang kelas dan 4 ruang kecil, sehingga SMA Negeri 1  Tarik telah memiliki 18 ruang kelas. Rincian pemanfaatan ruang tersebut adalah sebagai berikut: 15 ruang sebagai ruang kelas, 1 ruang untuk lab. Computer, 1 ruang lab. IPA dan 1 ruang kelas untuk Multi media.

Pada tahun pelajaran ini dan  2 tahun pelajaran berikutnya yaitu sampai tahun pelajaran 2009/2010 sekolah belum mendapatkan tambahan gedung sehingga sekolah menerima 5 rombel setiap tahun

Pada tahun pelajaran 2010/2011 SMA Negeri 1 Tarik memutuskan menerima 7 rombongan belajar dengan pertimbangan luas lokasi yang masih memungkinkan untuk menambah ruang baru dengan memanfaatkan dana block grant untuk menambah ruang kelas baru dan perpustakaan. Penambahan fasilitas yang lain ( parker, kantin, dan taman)  menggunakan dana komite.

Tahun pelajaran 2011 / 2012

Pada tahun pelajaran ini SMA Negeri 1 Tarik menerima tujuh rombel peserta didik baru dan mendirikan 1 unit gedung Lab. IPA yang menggunakan dana komite. Demikian selayang pandang SMA Negeri 1 Tarik dari awal berdirinya hingga sekarang.


Tarik, 12 September 2011

Kepala SMA Negeri 1 Tarik

Drs. Rustamadji, M.Pd
NIP. 19531110 198903 1 004


Visi dan Misi

Mulai WA
Hallo Kakak !
Silahkan klik tombol "Mulai WA"
Untuk mulai pesan...